Perbedaan Pembuluh Arteri (Nadi) dan Pembuluh Vena (Balik)

Perbedaan Pembuluh Arteri dan Pembuluh Vena Lengkap – Pada tulisan kali ini kami akan membahas tentang perbedaan pembuluh nadi atau arteri dan pembuluh balik atau vena. Perlu diketahui bahwa di dalam tubuh manusia terdapat beberapa sistem organ yang saling berhubungan satu sama lain. Setiap organ tersebut dibentuk oleh organ-organ yang menggerakkannya.

Dari sekan banyak organ, sistem transportasi atau peredaran darah merupakan salah satu organ vital di dalam tubuh manusia.

Sistem Peredaran Darah pada Manusia

Di dalam tubuh manusia terdapat 3 hal utama pada sistem peredaran darah, yaitu :

  • jantung,
  • pembuluh darah, dan
  • sel darah.

Fungsi utama jantung sebagai pemompa sel darah ke seluruh tubuh manusia, sedangkan pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya sel darah ke seluruh tubuh.



Jenis Pembuluh Darah Pada Manusia

Pembuluh darah yang terdapat di dalam tubuh manusia ada 2 jenis, yaitu pembuluh nadi (atau biasa disebut arteri) dan pembuluh balik (biasa disebut vena). Kedua pembuluh tersebut mempunyai cabang yang disebut kapiler darah atau pembuluh kapiler. Pembuluh kapiler berfungsi sebagai penghubung antara pembuluh nadi dan pembuluh balik. Ciri-ciri pembuluh darah kapiler adalah berdinding tipis dan berpori. Itulah sebabnya kenapa oksigen dan karbondioksida yang dibawa oleh darah bisa saling bertukar tempat dari dan menuju jantung.

Macam Peredaran darah Manusia

Peredaran darah yang dibawa oleh pembuluh nadi (arteri) dan pembuluk balik (vena) terbagi menjadi dua, yaitu :

  • peredaran darah besar yang darah mengalir dari jantung ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan kembali lagi ke jantung, serta
  • peredaran darah kecil yang darah mengalir dari jantung ke paru-paru kembali lagi ke jantung.
Pembulun Vena dan Arteri pada Jantung
Pembulun Vena & Arteri dari dan menuju Jantung

Perbedaan Pembuluh Nadi dan Pembuluh Balik

Perlu diketahui bahwa terdapat perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik. Perbedaan tersebut mencakup :

[1.] Dari segi nama

Perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik dari segi nama yang dimilikinya. Pembuluh nadi ,yang juga bernama pembuluh arteri tersebut berfungsi membawa oksigen  yang dibutuhkan tubuh untuk pernapasan. Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Adapun pembuluh balik, mempunyai nama lain yaitu pembuluh vena.

[2.] Tugas pembuluh

Perbedaan pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena) berikutnya terdapat pada tugas keduanya.

  • Pembuluh nadi (arteri) bertugas membawa darah yang mengandung oksigen dari jantung ke seluruh tubuh dan otak.
  • Pembuluh balik (vena) bertugas membawa karbondioksida hasil respirasi yang sudah tidak digunakan oleh tubuh kembali ke jantung dari seluruh tubuh manusia dan dari paru-paru.

Baca juga :

[3.] Fungsi

Telah dijelaskan sebelumnya kalau pembuluh nadi bertugas mengalirkan darah bersih yang berisi oksigen ke seluruh tubuh manusia, termasuk otak. Adapun pembuluh balik berfungsi membawa karbondioksida yang dihasilkan dalam proses tubuh menuju jantung.

[4.] Organ yang dilalui

Meskipun pada dasarnya semua bagian tubuh manusia dilalui oleh pembuluh darah, namun ada beberapa tempat yang ternyata hanya dilalui oleh pembuluh nadi (arteri) atau pembuluh balik (vena) saja. Lokasinya sesuai dengan fungsi organ tubuh yang dilaluinya. Contohnya seperti :

  • pembuluh nadi (arteri) terdapat pada mulut, tenggorokan, lambung, dan lain-lain.
  • pembuluh balik (vena) terdapat di hati.

[5.] Kondisi pembuluh

Perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik berikutnya terletak pada kondisi pembuluh tersebut.

  • Pembuluh nadi (arteri) memiliki dinding yang tebal, kuat, dan elastis. Denyutnya terasa, warnanya merah segar, & tekanan darahnya tinggi.
  • Adapun pembuluh balik (vena) memiliki dinding yang tipis dan tidak elastis. Denyutnya tidak terasa, warnanya merah tua, & tekanan darahnya rendah.
Perbedaan Pembuluh Darah Nadi dan Balik
Sumber : www.informasi-pendidikan.com

[6.] Posisi

Perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik berikutnya terletak pada posisi keduanya. Meskipun pembuluh nadi dan pembuluh balik terletak di dalam organ yang sama, keduanya mempunyai saluran yang berbeda. Pertemuan terjadi di percabangan atau pembuluh kapiler.

  • Pembuluh nadi (arteri) terletak di bagian tubuh yang agak dalam dan tersembunyi. Kita tidak dapat melihatnya di seluruh permukaan tubuh. Namun, pembuluh ini dapat dirasakan denyutnya. Denyut pembuluh nadi seirama dengan denyut jantung.
  • Pembuluh balik (vena) terletak sedikit di bawah kulit. Kita dapat melihatnya dengan mata telanjang.

[7.] Aliran darah saat terluka

Perbedaan pembuluh nadi dan pembuluh balik berikutnya terletak pada aliran darah saat pembuluh terbuka.

-> Jika pembuluh nadi (arteri) terbuka akan menyebabkan mengalirnya darah segar dengan deras dan bisa langsung menyebabkan kematian.

-> Adapun pembuluh balik (vena), jika terbuka akibat irisan maka darah yang keluar hanya sedikit, tidak seperti pembuluh arteri.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *