Metamorfosis Sempurna beserta Contoh dan Gambarnya

Metamorfosis adalah istilah untuk perubahan atau perkembangan biologi pada diri makhluk hidup, yang diawali dari telur hingga menjadi dewasa secara sempurna. Perkembangan tersebut menyebabkan makhluk hidup mengalami perubahan pada bentuk anatomi, morfologi maupun fisiologis.

Metamorfosis sendiri terbagi dua, yaitu metamorfosis sempurna (holometabola) dan metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola). Pada tulisan kali ini kami akan memfokuskan pembahasan pada metamorfosis sempurna.

Tentang Metamorfosis Sempurna

Perlu diketahui bahwa metamorfosis sempurna merupakan perubahan bentuk yang terjadi pada banyak jenis serangga. Perubahan tersebut menyebabkan larva (hewan muda) mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan bentuk ketika sudah dewasa. Kondisi ini (perbedaan bentuk hewan muda dan dewasa) sering diistilahkan dengan holometabola.

Tahapan Metamorfosis Sempurna

Hewan yang mengalami metamorfosis sempurna melewati empat tahap pertumbuhan dan perkembangan. Keempat tahap tersebut adalah telur – larva – pupa – imago / hewan dewasa. Contoh hewan yang bermetamorfosis sempurna adalah nyamuk, lalat, kupu-kupu dan masih banyak yang lain.



Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya  uraian beberapa contoh metamorfosis sempurna pada beberapa jenis hewan. Langsung saja simak kelanjutan artikel di bawah ini.

Metamorfosis Sempurna Pada Nyamuk

Metamorfosis pada nyamuk merupakan metamorfosis yang ditandai dengan adanya 4 fase, yaitu :

  • Diawali dengan proses pembuahan sel telur dari nyamuk betina oleh spermatozoa nyamuk pejantan sehingga terbentuklah zigot.
  • Pembuahan yang terjadi menghasilkan telur yang kemudian diletakkan di permukaan air tenang dengan kelembaban tinggi yang dipilih oleh nyamuk betina. Proses stadium telur berlangsung selama 2 sampai 3 hari yang kemudian akan menetas menjadi larva.
  • Proses metamorfosis pada nyamuk setelah menetas akan menjadi larva atau biasa disebut jentik nyamuk. Mereka akan tumbuh terus di permukaan air dan melalui 4 tahap pertumbuhan (instar). Dalam tahap ini jentik akan mengalami perubahan bentuk dan penambahan jumlah bulu-bulu halus di tubuhnya. Waktu yang diperlukan jentik nyamuk untuk menjadi pupa berkisar 7 hari sampai 10 hari. Terdapat beragam faktor yang berpengaruh pada hal tersebut, diantaranya suhu air, ada tidaknya predator pemangsa di ekosistem tersebut, dan juga ketersediaan bahan makanan. Jentik nyamuk adalah mangsa dari beragam jenis makhluk perairan seperti moluska, amfibi dan ikan.
  • Fase berikutnya adalah pupa nyamuk. Fase ini termasuk tahapan terakhir kehidupan nyamuk di habitat perairan. Pupa atau kepompong nyamuk berlangsung selama kurang lebih 12 hari. Pupa akan membentuk sayap-sayap halus yang nantinya dipergunakan untuk terbang pada fase metamorfosis berikutnya.
  • Fase terakhir adalah Imago yang berupa nyamuk dewasa. Nyamuk dewasa mampu hidup 2 sampai 4 minggu. Dalam fase ini nyamuk betina akan terbuahi dan bertelur satu kali sebelum pada akhirnya mati.

Berikut ini gambar proses metamorfosis pada nyamuk yang saya sadur dari Pakmono.com

Metamorfosis pada Nyamuk
Metamorfosis pada Nyamuk | Sumber : Pakmono.com

Metamorfosis Sempurna pada Kupu-kupu

Tahapan metamorfosis sempurna pada kupu kupu berawal dari dari telur kemudian menjadi larva (ulat) lalu berlanjut ke Pupa (kepompong) dan pada akhirnya menjadi kupu-kupu dewasa. Atau singkatnya :

  • Telur – larva (ulat/caterpillar)) – pupa (kepompong/chrysalis) – kupu kupu dewasa (adult).
Metamorfosis pada Kupu-Kupu
Metamorfosis pada Kupu-Kupu

Metamorfosis Sempurna Pada Katak

Tahapan metamorfosis sempurna pada katak antara lain :

  • Diawali dari katak betina yang bertelur di air, lalu dibuahi oleh katak pejantan sehingga menjadi embrio,
  • Kemudian menjadi kecebong yang sepenuhnya hanya bisa hidup di air.
  • Proses selanjutnya, kecobong berubah menjadi katak muda, dengan pola hidup air dan daratan.
  • Terakhir setelah proses panjang, berubah menjadi Katak Dewasa.

Singkatnya metamorfosis katak dimulai dari : telur – kecebong – katak muda – katak dewasa

 

Demikianlah penjelasan lengkap seputar metamorfosis sempurna

metamorfosis pada katak
Metamorfosis pada Katak | Sumber : Kelas Biologiku

dengan beberapa contohnya. Semoga tulisan ini bisa memberikan tambahan pengetahuan bagi kita semua, khususnya dalam masalah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *