Hewan yang Bernapas dengan Kulit dan Penjelasannya

Contoh & Penjelasan Hewan yang Bernapas dengan Kulit – Bernapas merupakan hal mendasar yang sangat butuhkan oleh setiap makhluk hidup. Setiap makhluk hidup membutuhkan udara untuk melangsungkan kehidupannya. Makhluk hidup juga memiliki bentuk tubuh dan warna yang berbeda-beda.

Perbedaan dan keberagaman tersebut tentunya sesuai dengan habitatnya. Kemampuan makhluk hidup menyesuaikan lingkugan di sekitarnya disebut dengan adaptasi.

Adaptasi

Tujuan dari tindakan adaptasi adalah agar makhluk hidup dapat hidup dengan mudah. Hal ini berlaku pula saat melakukan pernapasan. Tindakan adaptasi yang mereka lakukan tersebut merupakan tindakan yang paling tepat dan paling sesuai dengan keadaan mereka.

Organ pernapasan dan cara pernapasan juga akan disesuaikan dengan kondisi dimana makhluk tersebut tinggal. Bahkan tak jarang beberapa cara adaptasi tersebut terkesan aneh dan mungkin tidak wajar jika kita pikirkan. Namun, itulah hasil adaptasi yang ada pada setiap makhluk hidup.



Untuk itu kita akan membahasa salah satu bagian dari bab cara pernapasan hewan. Diantara hewan-hewan di muka bumi, ada yang bernapas dengan kulit, ada yang bernapas dengan insang, dan lain sebagainya. Namun pembahasan kita pada artikel kali ini adalah tentang hewan yang bernapas melalui kulit.

Daftar hewan yang bernapas dengan kulit

Berikut ini daftar beberapa hewan yang bernapas dengan kulit beserta penjelasannya :

1. Cacing

Diantara hewan yang melakukan sistem pernapasan melalui kulit adalah cacing. Cacing juga tegolong hewan inventebrata. Cacing sendiri diketahui merupakan salah satu hewan yang tak mempunyai organ pernapasan.

cacing bernapas dengan kulit
Sumber : Youtube

Secara khusus proses pernapasan  hewan ini dibantu oleh lendir yang melekat pada bagian kulit cacing, yang nantinya lender itu membantu proses masuk dan keluarnya oksigen karbondioksida pada tubuh cacing

2. Belalang

Belalang termasuk hewan yang tergolong keluarga serangga. Hewan ini masih termasuk pada keluarga hewan invertebrata, karena belalang tidak memiliki tulang belakang sebagaimana ciri-ciri hewan invertebrata. Pada sistem pernapasan belalang tidak jauh berbeda dengan sistem pernapasan pada serangga.

Belalang menggunakan trakea di dalam tubuhnya untuk kemudian trakea itu bercabang pada stigma pada bagian kanan dan kiri pada tubuh belalang dan melalui stigma di dalam tubuh belalang maka udara akan keluar masuk.

3. Katak

Katak merupakan hewan yang cukup rumit pada sistem pernafasannya. Pada saat hewan ini bermetamorfosis maka pada sistem pernapasannya juga akan mengalami perubahan. Pernapasan katak dewasa dilakukan melalui kulit.

hewan yang bernapas dengan kulit
Sumber : detikNews

Tidak jauh beberbeda dengan sistem pernapasan yang dilakukan oleh cacing, pernapasan pada katak dewasa memanfaatkan lendir dalam mempermudah keluar masuknya udara kedalam tubuh.

4. Kupu-Kupu

Sistem pernapasan pada kupu-kupu hampir sama dengan belalang. Kupu kupu menggunakan trakea yang tersebar di dalam tubuhnya untuk mengambil udara secara langsung. Letak trakea pada kupu-kupu berada pada sisi kanan dan kiri hewan ini

kupu kupu bernapas dengan kulit
sumber : travel.tribunnews.com

5. Ular Laut

Sistem pernapasan pada ular laut hampir sama dengan cacing karena tempat hidupnya yang mengharuskan hal tersebut. Meskipun ular laut hidup di air, ia tidak mempunyai insang sebagai  sistem pernapasan. Karenanya, apabila ular laut bernapas, maka akan memompa darah di seluruh tubuhnya.

Hasil darah yang terpompa kemudian membawa kabondioksida keluar melalui kulit, setelah karbondioksida keluar maka darah akan tertarik keluar dengan mengisap oksigen yang ada disekitarnya

Inilah beberapa contoh hewan yang menggunakan sistem pernapasan melalui kulit, di mana hewan tersebut bernapas dengan menyesuaikan kondisi yang ada di lingkungannya. Kebanyakan sistem pernapasan seperti ini dilakukan oleh jenis hewan yang tergolong invertebrata. Dan, kulit hanyalah ‘pembantu’ pada proses pernapasan. Bukan sebagai satu-satunya organ utama.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *